Ads 468x60px

Rabu, 28 Maret 2012

Setetes tinta tentang Yunani



Yunani, sebuah kata yang cukup terkenal pada zaman masehi, eh bukan,, zaman es,, eh apalagi… bukan bukan… pada zaman sebelum masehi. Ya, sebagai orang orang yang terpelajar (?) kita sering nemu eh bukan nemu alias tahu (?) oke, perjalanan tinta ini mulai ga jelas. Baiklah sodara – sodara, saya akan mulai untuk meluruskan omongan saya, eh bukan! Meluruskan tetesan tinta saya (?).
Yap, saya ulangi!
Sebagai orang orang yang terpelajar atau suka membaca buku dan rajin menabung (?),
kita, sering banget yang namanya menemukan sesosok tokoh yang mengemukakan teori dan satu yang bikin sebel, namanya susah dihapal (?). Oke, ini mulai curhat. Baiklah, mari kita luruskan, Ya! YUNANI, sebuah negara yang terkenal banyak menghasilkan tokoh – tokoh terkenal, pencetus – pencetus segala rupa rumus yang terkadang agak sedikit cukup menyusahkan kita (?). Ya! YUNANI, sebuah negara yang terkenal dengan jutaan bahkan ratusan dewa – dewinya (?). Ya! YUNANI, sebuah Negara yang terkenal dengan kuda troyanya yang sering mengejar ngejar saya (?). Ya! YUNANI, sebuah Negara yang terkenal memiliki banyak stok manusia – manusia bijak yang tak sebijak saya (eh?). Ya! YUNANI, sebuah Negara yang apalagi ya?, Ya! Itulah dia, YUNANI.
Apakah tetesan tinta ini sudah habis ?
Tentunya TIDAK. Selama nafas ini masih berhembus, tinta – tinta ini akan terus menetes. Walau badai menghadang, topan menerjang, semua tak akan pernah bisa menghentikan tetesan tinta – tinta ini.
Ya, mari kita lanjutkan. Yunani atau ada juga yang menyebutnya ATHENA, merupakan sebuah Negara yang penuh akan mitos – mitos, penuh akan orang – orang bijak, penuh akan filsuf – filsuf, penuh akan para pencetus sesuatu, ya itulah dia YUNANI. Mengapa saya katakan begitu ? Oke, saya akan uraikan satu persatu.
Yunani, Negara yang pernuh dengan mitos. Ya, sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, dari buku – buku atau situs – situs yang menjabarkan tentang YUNANI, sering kali kita temukan bahwa Yunani memiliki banyak sekali dewa – dewi. Tak hanya itu, dalam sumber – sumber sejarah tersebut juga bisa kita temukan ilmu – ilmu tentang mitos – mitos Yunani atau yang lebih sering dikenla dengan sebutan MITOLOGI YUNANI. Oke, ini berarti pada zaman sebelum masehi disana, sudah terdapat kepercayaan.  Sebagai orang zaman modern, alangkah baiknya jika jangan terlalu mempercayai cerita – erita tersebut, terlebih lagi bagi kita, muslim. Bolehlah bagi kita, bahkan diharuskan bagi kita untuk mencari ilmu sebanyak – banyaknya. Tak terkecual untuk mepelajari tentang mitologi Yunani. Tapia mat sangat akan menjadi lebih baik jika ilmu – ilmu yang kita dapatkan menjadikan kita lebih percaya kepada-Nya. Bukan malah menjadi percaya kepada apa yang dipercayakn dalam mitologi tersebut. Oke, itu satu keistimewaan dari Negara misterius, YUNANI.
Yunani, Negara yang penuh akan orang bijak. Mengapa saya berkata demikian. Tak mungkinlah saya berkata tanpa ada bukti yang mengikutinya. Ya, Yunani atau Athena memang sempat terkenla dengan banyaknya orang bijak yang ada disana, sampai – sampai Socrates mengatakan
Bila Anda ingin menemukan orang kuat pergilah ke Sparta, tetapi bila Anda ingin menjumpai orang pintar dan bijak, datanglah ke Athena
Yunani, Negara yang penuh akan filsuf. Mengapa saya berkata demikian ?, ya tentulah karea saya ingin memberitahukan kepada kalian semua siapa saja filsuf – filsuf yang dilahirkan oleh negara misterius, Yunani. Ya! Pemirsa, ini dia mereka…
1.     Socrates (469-399 S.M.),
Ajarannya tentang filsafat etika atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya. Socrates mengajarkan agar manusia dapat membedakan apa yang baik atau buruk, benar atau salah, adil atau tidak adil. Ajarannya ditujukan kepada anak muda yang diajaknya berdiskusi. Sayngnya, Ia akhirnya di hukum mati dengan minum racun karena tuduhan telah merombak dasar-dasar etika masyarakat Yunani kuno serta tidak percaya kepada dewa-dewa yang disembah masyarakat. Wah, tapi saya tetap percaya, Socrates memang seorang filsuf yang pemberani dan tahan goncangan.
2.     Plato (427-347 S.M.),
Ajaran filsafatnya disebut filsafat idea. Ia menulis banyak buku, salah satunya berjudul Republica ingat, RepubliCa buka RepubliKa . Dalam buku tersebut diuraikan tentang kebahagiaan hidup yang dapat dicapai bila manusia bekerja dengan wataknya dan wanita diangkat derajatnya. Plato juga mendirikan pusat pendidikan bernama Academus.
3.     Aristoteles (384-322 S.M.).
Ia adalah murid Plato, merupakan ahli di bidang biologi dan ketatanegaraan. Karyanya yang terkenal antara lain Klasifikasi Flora dan Fauna di Kepulauan Aegeia. Di bidang ketatanegaraan, ia berpendapat bahwa sistem pemerintahan yang baik adalah republik. Pemerintahan yang baik mengutamakan kebahagiaan sebesar-besarnya untuk seluruh rakyat. Aristoteles adalah pendiri pusat pendidikan bernama Peripatetis. Salah seorang muridnya ialah Alexandar Agung, raja Macedonia.
Yap, itulah dia segelintir filsuf yang beruntung untuk memunculkan profilnya di postingan saya kali ini.
Yunani, sebuah Negara yang penuh akan pencetus sesuatu. Mengapa saya berkata demikian, yak arena sebenarnya saya ingin mencurahkan isi hati saya, bahwa sudah terlalu banyak nama – nam aneh yang masuk ke dalam otak bagian hafal – menghafal saya. Ya, nama – nama mereka cukup asing ditelinga saya pada awalnya. Tapi apadaya, kita, sebagai muris atau bahasa halusnya seorang siswi, yang harus menempuh ujian – ujian yang terkadang mengeluarkan nama – nama aneh itu. Ya, beberapa diantara mereka adalah :
1.     Pythagoras,
Seorang ahli matematika yang melahirkan dalil untuk segitiga siku-siku. Ya, bagian ini sebenarnya agak sedikit cukup membuat otak bagian hitung – menghitung saya agak berputar sedikit lebih cepat dari biasanya.
2.     Hipokrates,
Atau yang lebih dikenal sebagai Bapak Kedokteran. Ia dapat menyebutkan sebab timbulnya penyakit dan cara mengobatinya yang ditulis dalam buku berjudul Aphorismen dan Prognose. Sumbangannya yang terkenal adalah sumpah dokter yang berlaku sampai sekarang.
3.     Archimedes
Beliaulah, yang menciptakan teori gravitasi dan teori benda mengapung. Yang bagian ini juga cukup membuat otak bagian berfikir saya agak berputar – putar.
4.     Thales
Yang terkenal dengan pendapatnya: alam fisik terdiri dari satu bahan dasar yaitu air
5.     Analisagoras
Yang terkenal dengan pendapatnya: materi terdiri dari beraneka ragam zat renik
6.     Democritus
Yang merupka seorang ahli atom
7.     Euclid
Yang ahli dalam ilmu ukur - mengukur
8.     Herodotus
Yang merupakan seorang Bapak Sejarah yang pertama kali mengembangkan sejarah tertulis.
9.     Thucydides
Ahli sejarah yang menulis tentang perang Peloponesos. Ya, walau sebenarnya saya agak tidak cukup mengerti dengan apa itu Peloponesos.
Ya, itulah dia, setetes tinta, tentang YUNANI.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar